Perbedaan Iklan in Artikel Dan in Feed
Jenis dan ukuran banner iklan Facebook Ads – Apakah kamu ingin mempromosikan produk dan menjangkau pelanggan agar lebih luas lagi? Saat ini Facebook Ads menjadi opsi terbaik sebagai salah satu media periklanan yang paling populer di Indonesia. Hal ini wajar, karena lebih dari 175 juta orang Indonesia menggunakan Facebook.
Pada umumnya iklan akan berjalan lebih efektif jika informasi yang disampaikan pada iklan mudah untuk dipahami oleh audiens. Sebab itu kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis iklan dan ukuran banner yang tepat.
Mengapa hal ini diperlukan? Karena jika ukuran banner iklan Facebook tidak sesuai, maka audiens tidak dapat menerima informasi yang tersampaikan dengan baik dan iklan menjadi kurang efektif saat menjangkau target pasar.
Nah, pada artikel kali ini Komerce akan membahas mengenai jenis iklan dan ukuran banner Facebook Ads yang tepat. Mari simak penjelasan selanjutnya.
Jenis Iklan dan Ukuran Facebook Ads
Facebook ads memiliki beberapa placement dan jenis iklan yang tentunya memiliki ukuran banner yang berbeda-beda. Dengan demikian, masing-masing ukuran banner atau jenis konten juga harus disesuaikan dengan tepat. Berikut adalah jenis dan banner iklan Facebook Ads yang perlu kamu ketahui.
1. Facebook Feed Ads
Facebook Feed Ads adalah jenis iklan yang muncul pada timeline beranda pengguna Facebook. Iklan ini paling sering digunakan karena dapat dengan mudah menjangkau audiens. Facebook Feed Ads terbagi menjadi dua jenis : image ads dan video ads.
Facebook Feed Image Ads
Merupakan iklan Facebook Feed yang muncul berupa gambar, iklan ini cukup efektif pada perangkat mobile atau desktop dan paling umum digunakan.
Adapun ukuran banner untuk Facebook Feed image Ads adalah sebagai berikut:
Ukuran | 1200 x 628 pixel (rekomendasi) atau 1080 x 1080 |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG atau PNG |
Maks. karakter teks | 125 karakter |
Maks. Karakter Headline | 25 karakter |
Maks. karakter link deskripsi | 20 karakter |
Facebook Feed Video Ads
Merupakan iklan Facebook Feed yang menampilkan iklan berupa video dalam bentuk landscape maupun square, iklan jenis ini juga cocok pada desktop dan mobile yang dapat menyesuaikan kebutuhan.
Berikut adalah ukuran banner iklan Facebook feed video adalah:
Ukuran | 600 x 315 (landscape) atau 600 x 600 (square) |
Rasio | 9:16 atau 1:1 |
Tipe format | MP4 atau MOV |
Karakter teks | 125 karakter |
Headline | 25 karakter |
Link deskripsi | 20 karakter |
Maks. ukuran file | 4GB |
Maksimal durasi | 240 menit |
Baca juga: 25 Jenis Iklan yang Dilarang di Facebook Ads
2. Facebook Story Ads
Iklan Facebook story adalah iklan Facebook yang muncul pada placement story berupa gambar atau video dalam beberapa detik saja. Karena durasi tayangnya terbatas, maka pastikan konten gambar atau video yang dibuat padat dan jelas.
Ukuran Iklan Facebook banner story Ads ini harus mengikuti spesifikasi fitur story yang telah ditetapkan sebagai berikut:
Ukuran | 1080 x 1920 |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG, PNG (gambar) dan MP4, MOV (video) |
Maks. ukuran file | 4GB |
Maks. Durasi | 5 detik (gambar) dan 15 detik (video) |
3. Facebook Carousel Ads
Ingin mempromosikan produk yang memiliki banyak pilihan? Iklan Facebook carousel bisa jadi pilihan. Iklan jenis ini merupakan iklan Facebook yang muncul dalam bentuk gambar atau video yang memiliki jumlah lebih dari satu yang dapat digeser, biasanya disebut cards.
Kamu bisa menggunakan jenis iklan ini jika produk memiliki banyak info promo yang beragam. Misalnya jenis dan tipe-tipe produk fashion, food dan skincare, selain itu juga produk yang memiliki banyak informasi yang perlu disampaikan pada pengguna
Ada beberapa jenis iklan Facebook Carousel Ads diantaranya seperti:
- Facebook Feed Ads
- Facebook Right Column
- Facebook Instant Articles
- Facebook Marketplace
- Facebook Audience
- Messenger Inbox
Ukuran banner Facebook Ads carousel berbeda antara gambar dan video. Berikut masing-masing ketentuan dan ukuran keduanya.
Ukuran Facebook Carousel Berbentuk Gambar
Ukuran | 1080 x 1080 |
Rasio | 1:1 |
Tipe format | JPG atau PNG |
Karakter teks | 125 karakter |
Headline | 25 karakter |
Link deskripsi | 20 karakter |
Jumlah cards | 2-10 gambar |
Maks. ukuran file | 30MB |
Ukuran Facebook Carousel Berbentuk Video
Ukuran | 1080 x 1080 |
Rasio | 1:1 |
Tipe format | MP4 dan MOV |
Jumlah cards | 2-10 gambar |
Maks. ukuran file | 4GB |
Durasi | 240 menit |
4. Facebook Right Column Ads
Iklan Facebook Right column adalah iklan Facebook yang muncul pada sudut kanan halaman terhimpit antara news feed dan ticker. Ukuran banner iklan ini kecil jika dibandingkan jenis iklan diatas dan hanya muncul pada desktop saja berupa gambar dalam bentuk landscape.
Jika kamu tidak ingin mengganggu pengguna dengan iklan yang kamu jalankan dan ingin pendekatan secara halus, jenis iklan ini bisa menjadi pilihan.
Berikut adalah ketentuan ukuran banner iklan Facebook Right Column Ads.
Ukuran | 1200 x 628 pixel |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG atau PNG |
Maks. karakter teks | 125 karakter |
Maks. headline | 25 karakter |
Maks. Link deskripsi | 20 karakter |
5. Facebook in-Stream Video Ads
Iklan Facebook in-stream video adalah iklan video yang muncul pada beranda video Facebook, di sela-sela saat pengguna memutar video pada Facebook. Iklan jenis video ini berdurasi antara 5-15 detik dan dapat di skip dengan men-scroll ke bawah.
Iklan ini cukup populer selain jenis iklan Facebook lainnya, karena 70% iklan video ini ditonton sampai selesai, sehingga dapat direkomendasikan untuk brand awareness dan cocok untuk produk yang memerlukan promo info lebih lengkap.
Selain itu jenis iklan video ini akan sering muncul kepada pengguna yang suka menonton video di beranda Facebook.
Ketentuan ukuran banner Facebook Ads jenis ini adalah:
Ukuran | 1080 x 1920 |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | MP4 dan MOV |
Maks. ukuran File | 4GB |
Maksimal durasi | 5-15 detik |
Baca juga: Cara Memasang Facebook Pixel
6. Facebook Instant Articles Ads
Iklan Facebook Articles adalah iklan yang menampilkan artikel utama blog yang dapat menjangkau banyak pembaca dan dapat diakses melalui aplikasi seluler Facebook. Ketika pengguna Facebook membuka link klik artikel tersebut di aplikasi Facebook, artikel akan terbuka dengan pemformatan serupa.
Hal ini bisa menjadi langkah strategi marketing dalam memanfaatkan beberapa platform agar produk kamu ada dimana-mana, seringkali iklan akan muncul diantara paragraf.
FB Instant Articles Ads tersedia dalam format gambar dan video. Ukuran banner FB ads yang digunakan untuk jenis ini adalah:
Ukuran | 1200 x 628 |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG, PNG (gambar) dan MP4, MOV (video) |
Maks. Ukuran File | 30MB (gambar) dan 4GB (video) |
Maksimal durasi | 240 menit (video) |
Maks. Karakter judul | 25 karakter |
Maks. karakter deskripsi | 30 karakter |
7. Facebook Marketplace Ads
Iklan Facebook Marketplace adalah jenis iklan Facebook yang muncul layaknya seperti di marketplace dalam bentuk gambar atau video. Misalnya di halaman OLX, eBay dan sebagainya. Yang menjadi perbedaan iklan akan tampil bukan hanya di halaman produk saja, tetapi juga muncul di Feed.
Iklan jenis ini direkomendasikan jika kamu ingin menjual secara organik kepada pengguna Facebook. Ukuran banner iklan ini adalah sebagai berikut :
Ukuran | 1200 x 628 |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG, PNG (gambar) dan MP4, MOV (video) |
Maks. ukuran file | 30MB (gambar) dan 4GB (video) |
Maksimal durasi | 240 menit (video) |
Maks. Karakter judul | 25 karakter |
Maks. karakter deskripsi | 30 karakter |
8. Facebook Network Native Ads
Iklan Facebook network native merupakan iklan yang dapat memperluas iklan di luar Facebook, hal ini dapat menjangkau lebih banyak audiens di halaman website atau aplikasi mobile dan iklan ini bisa berupa gambar maupun video.
Berikut adalah ukuran untuk Facebook Network Native Ads:
Ukuran | 1200 x 628 |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG, PNG (gambar) dan MP4, MOV (video) |
Ukuran File | 30MB (gambar) dan 4GB (video) |
Maksimal durasi | 120 detik (video) |
Maks. Karakter judul | 25 karakter |
Maks. karakter deskripsi | 30 karakter |
Baca juga: Harga Dan Biaya Iklan Facebook Ads (FB Ads) Update 2022
9. Sponsored Message
Sponsored message adalah Iklan jenis Facebook yang muncul pada pesan atau inbox secara langsung pada pengguna Facebook yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan iklan sebelumnya.
Dengan mempromosikan produk secara personal melalui pesan bertujuan untuk meyakinkan dan mendorong audiens agar lebih tertarik membeli produk. Disarankan kamu menyiapkan pesan teks yang lebih natural dalam menawarkan produk.
Ukuran banner iklan ini hampir mirip dengan jenis iklan Facebook lainnya, yaitu sebagai berikut:
Ukuran | 1200 x 628 pixel |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG atau PNG |
Maks. karakter teks | 125 karakter |
Maks karakter headline | 25 karakter |
Maks. link deskripsi | 20 karakter |
10. Facebook Collection Ads
Jika kamu ingin audiens menelusuri katalog produk, mungkin Iklan Facebook collection bisa menjadi sebuah pilihan. Facebook collection ads merupakan iklan yang muncul berupa banyak gambar dan video.
Namun, berbeda dengan jenis carousel, satu gambar utama disusun beserta jumlah gambar kecil lainnya. Iklan jenis ini dapat memudahkan pengguna Facebook menelusuri katalog produk.
Selain itu, iklan jenis ini berupa gambar atau video yang lebih mudah melihat produk lebih detail, mulai dari nama produk hingga harganya cukup sekali klik. Hal ini menawarkan pengalaman baru bagi pengguna Facebook.
Ukuran banner iklan jenis ini adalah :
Ukuran | 1200 x 628 |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG, PNg (gambar) dan MP4, MOV (video) |
Maks. ukuran file | 30MB (gambar) dan 4GB (video) |
Maks. durasi | 120 menit (video) |
Maks. karakter judul | 25 karakter |
Maks. deskripsi | 30 karakter |
Baca juga: 15 Cara Jualan Online di Facebook agar Laris
Setelah menyimak pembahasan jenis iklan Facebook di atas, kamu dapat memilih lebih dari satu jenis penempatan iklan. Namun disarankan dalam membuat banner iklan, jangan terlalu banyak menggunakan teks pada iklan. Facebook merekomendasikan teks sebanyak 20% saja pada banner.
Facebook menganggap iklan dengan teks terlalu banyak kurang begitu memberikan hasil yang baik dan kurang begitu menarik di mata pengguna. Selain itu dari beberapa jenis dan ukuran banner iklan Facebook yang sudah kamu ketahui, kamu dapat memilih jenis iklan Facebook sesuai dengan apa yang dibutuhkan dengan mempersiapkan ukuran banner sesuai jenis iklan tersebut.
Demikian pembahasan artikel mengenai jenis dan ukuran banner Facebook Ads ini, diharapkan kamu dapat membuat banner iklan yang sesuai agar audiens mudah untuk memahami informasi iklan yang kamu berikan.
Source: https://komerce.id/blog/jenis-iklan-dan-ukuran-banner-facebook-ads/
0 Response to "Perbedaan Iklan in Artikel Dan in Feed"
Post a Comment